oleh

Ini Kata Warga Manado: Piala Adipura Kembali Lepas

-Manado-1.225 views
Sampah TPA Sumompo
Sampah TPA Sumompo

TopManado-Untuk yang kedua kalinya sejak 2014-2015 penghargaan kota terbersih tidak lagi mendekat di Kota Manado. Koleksi Piala Adipura kota Manado terputus dikarenakan ada kesalahan pengelolaan sampah, mulai awal hingga pengelolaan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo. Dukungan armada sampah yang terus bertambah baik suntikan dari APBD Kota Manado plus aliran sumbangan dari pihak swasta tampaknya belum mampu mengangkut sampah yang berserakan di depan mata.
Jalan Ring Road, selokan usai hujan dan lokasi-lokasi tempat pembuangan sampah sementara serta pasar, jelas jadi wajah kota Manado belum baiknya tata kelolah sampah.
“Tahun-tahun sebelumnya Adipura terus diterima kota Manado, tapi tahun belakangan ini tidak lagi. tidak sedikit anggaran yang dicurahkan tapi hasilnya kosong,” sembur Deysi Mambo ibu rumah tangga.
“Kurang apalagi. Di pasar dan pertokoan hingga rumah warga ditarik retyribusi sampah. Petusgas kebersihan ada ratusan serta disediakan perlengkapan serta gaji yang baik, armada sampah mulai dari lingkungan terlihat ada sampai truk besar. Adipura bukan tujuan tapi menjadi cermin apakah pengelolaan sampah sudah baik atau tidak. Pemerintah jangan selalu persalahkan kepada masyarakat sementara sarana tidak mendukung. Contohnya, dalam dua hingga tiga lingkungan hanya ada satu tempat sampah sementara. Ini terjadi bukan baru sekarang tapi sudah menahun dan tidak diperhatikan pemerintah manado,” ungkap Arie Wantah warga Manado.
Sudah jadiu penyakit kambuhan, kebersihan baru di seriusi oleh pemerintah ketika ada penilaian adipura. “Itu memang terlihat. Seperti para kepala lingkungan jadi begitu rajin kalau ada pengumuman tim adipura akan turun. Usai itu seperti dianggap selesai,” Novri Lasut warga Jambore Winangun.
“Semoga dengan pemerintahan yang baru tapi stok lama, bisa mampu kembalikan supermasi kebersihan di kota Manado tahun mendatang nanti,” sambung Don Mamesah. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed