oleh

Biapong Kios Topas Amurang Ikon Kuliner Minsel

-Kuliner-2.001 views

1

Kios Topas Amurang, bukan sekedar warung kopi biasa, tetapi menjadi pusat berkumpulnya pelopor, pendiri dan pengambil keputusan penting bagi perkembangan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Tak heran, kendati tempatnya sederhana Kios Topas menjadi salah satu ikon wisata kuliner di Minsel.

Memang Kios Topas Amurang magnet tersendiri dimana menjamurnya rumah kopi yang ada di Minsel. Maklum, makanan khas Biapong Ba (daging babi) dan Biapong Temo (olahan kacang hijau) jadi teman setia ngopi, juga terus diburu tidak hanya warga Minsel tapi se Sulut. Kerap kali, makanan khas tersebut jadi oleh-oleh saudara dan kerabat di luar daerah.

Memang benar, warung Topas adalah satu diantara sekian banyak lokasi tujuan wisata saat kita berkunjung ke kabupaten Minahasa Selatan. “Ya benar, biapong ba’, biapong temo, pia ba’ dan pia temo, itulah teman setia secangkir kopi susu hangat yang bisa di nikmati saat berkunjung ke tempat ini. Yang paling penting, semua panganan biapong dan kue pia ini dibuat sendiri langsung oleh tangan-tangan andal pekerja di warung Topas, sehingga kualitas dan rasa panganan tetap empuk dan lezat apalagi disajikan masih hangat tepat pada saat anda memesannya,” ungkap Sampel warga Buyongon Amurang. Lokasi icon wisata kuliner kota Amurang ini sangat strategis karena berada di tengah pusat pertokoan dan perbelanjaan warga kota Amurang. Karena lokasinya yang strategis tepatnya di kompleks pasar Amurang kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, membuat warung ini selalu dipadati pengunjung sejak dibuka pagi hingga sore sekira pukul 18.00 Wita. Berdiri sejak tahun 80-an, warung Topas ternyata bukan saja menjadi tempat sarapan pagi warga Amurang dan sekitar, tapi telah menjadi tempat nongkrong paling digemari banyak politisi, pengusaha sampai PNS yang ada di kabupaten Minahasa Selatan dan tamu-tamu dari daerah lain.

Rumah kopi Topas milik Karel Limtungan ini menyediakan berbagai menu seperti berbagai macam es, kopi, susu, teh, juga ada berbagai macam makanan ringan. Namun, menu yang paling terkenal akan kelezatannya adalah biapong.

“Rumah kopi ini sudah berdiri 25 tahun silam. Kami menyediakan dua jenis biapong yang hanya dibedakan berdasarkan isinya, yang pertama adalah biapong berisi daging babi segar cincang dan telur yang pengolahannya dipadukan dengan bumbu khas Topas kemudian masak atau yang dikenal dengan biapong Ba, dan isian olahan kacang hijau. Bagi yang menggemari sensasi pedas, penikmat biapong bisa menambahkan sambal akhas Topas yang sudah tersedia di setiap meja,” katanya.

Saking terkenalnya, bahkan banyak artis sering berkunjung ke warung ini. Sebut saja Marcelino Lefrand, Diana Nasution, Angel Karamoy, dan masih banyak lagi. Karena menjadi tempat nongkrong dan ngopi para politisi, pengusaha dan PNS dari Minsel, maka warung ini kemudian diplesetkan kepanjangannya, yaitu Topas : “Tempat Orientasi Pengusaha, Politisi, dan PNS dari daerah Selatan”. Sebut saja, Bupati, wakil Bupati Minsel, Gubernur Sulut, termasuk para anggota dewan Sulut pun kerap duduk membahas isu-isu terhangat di warung ini. Tentu saja sambil menikmati secangkir kopi susu dan panganan bipaong hangat khas Topas. (tim)
 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed