oleh

Dua Tahun Kepemimpinan GSVL- MOR, Produk Cerdas Comand Center (C3) Jadi Komoditi Andalan

Laporan : Ronald Gampu,

Sejak dilantik pada tanggal 9 Mei 2016, sepak terjang Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan semakin tak terbendung saja.  Dan sebagai kota yang pertumbuhannya semakin tinggi kedua pemimpin inipun berpikir keras dan cerdas unruk memberikan sistim perkoataan yang lebih canggih untuk pelayanan publik.

Ibukota Provinsi yang terletak diujung Utara pulau Sulawesi dan terletak diantara perbatasan Philipine serta menghadap ke Asia Timur dan Pasifik inipun terus berbenah diri.  Dengan mengandalkan luas Wilayah 15,726 hektare atau 157,26 km2 ditambah lahan reklamasi dipantai teluk Manado seluas 67 hektare Kota Manado yang terdiri atas 11 Kecamatan,  87 kelurahan serta 422 355 ribu jiwa terus berbenah diri.

Tak tanggung tanggung,  dijaman yang serba digital kemampuan pengawasan dari pihak pemerintah kota perlu diupgrade.  Dalah satunya dengan adanya pengawasan kota secara realtime dan harus mampu memecahkan masalah masalah efektif dan efisien. Maka lahirlah didua tahun kepemimpi nan GSVL- MOR pengawasan pusat kendali yang bahasa kerennya disebut Cerdas Comand Center (C3).

Jujur saja,  didua tahun kepemimpinan ini sudah banyak yang dibenahi,  baik dari sisi Pertumbuhan Ekonomi (PE) diatas rata rata,  Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  serta angka harapan hidup cukup Bagus,  Cerdas Comand Center (C3) adalah salah satu fasilitas yang sangat diperlukan oleh Pemerintah dalam menjalankan pengawasan dan pengendalian secara digital.  Tak pelak, Cerdas Comand Center (C3) juga merupakan fasilitas dari pemerintah untuk melakukan meeting, mengambil keputusan, menugaskan dan mengkoordinasikan, memonitor dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap permasalahan yang dihadapi Pemerintah yang meliputi,  tindakan tanggap darurat,  action plan untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaan serta langkah penyediaan informasi publik.

Alhasil didua tahun kepemimpinan ini, Pemerintah Kota Manado melalui Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan melakukan terobosan baru,  dengan membangun satu ruangan sebagai pusat kendali digital yang dinamakan Cerdas Comand Center (C3). Konon Cerdas Comand Center yang menelan anggaran di APBD Perobahan tahun anggaran 2016 yang tertata didinas Komunikasi dan Informatika sebesar Rp 1,6 Miliar sertabtahap kedua untuk biaya pengembangan yang sudah tertata pada APBD tahun anggaran 2017 sebesar Rp 14 Miliar itu melakukan pengawasan kota cukup hanya dengan menatap layar monitor yang besar dan pengoperasian nya dilakukan oleh para ahli teknologi Komputer serta para Operator IT yang berpengalaman.

Bukan hanya itu saja,  Cerdas Comand Center (C3) adalah bagian dari upaya Pemerintah untuk menuju Manado Kota cerdas 2021 dan Manado Smart City kini telah mengoperasikan beberapa aplikasi untuk memonitor keadaan kota Manado seperti,  kebersihan, kemacetan, harga bahan pokok, prakiraan cuaca dan gempa bumi serta memantau arus lalu dan keamanan melalui CCTV.

Produk briliant GSVL- MOR inipun telah mendapat apresiasi positif dari para Kepala Daerah di Indonesia bahkan didunia.  Dimana produk ini juga dikembangkan bukan secara sembarangan karena dasar pelaksanaan ya pun mengacuh pada Undang Undang Nomor 11 tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang diuraikan lebih lanjut melalui Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelengaraan Sistim Transaksi Elektronik,  RPJMD Kota Manado tahun 2016-2021 melalui visi, Manado Kota Cerdas,  RPJMD Provinsi Sulawesi Utara tahun 2016-2021 Sulut hebat serta berpatokan pada Keputusan Walikota Manado bernomor 106 tahun 2011 tentang penetapan kepemilikan domain manadokota.go. id Pemerintah Kota.

Selain mengacuh pada dasar pelaksanaan itu,  Cerdas Comand Center yang merupakan ide brilian duo pemimpin ini memiliki fungsi yakni,  melakukan pengawasan dan pemantauan secara digital, sebagai pusat integrasi data serta merupakan pusat informasi data yang ada di Pemerintah Kota Manado dapat diakses dan dilihat di Cerdas Comand Center.

(Bersambung),,,,

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed