oleh

Evaluasi SAKIP, SKPD di Warning Punishment atau Reward

Topmanado.com, SULUT-“MEMALUKAN ” itulah kata yang diucapkan oleh Steven Kandou wakil Gubernur Sulawesi Utara yang menjadi perhatian setiap Kepala Daerah dalam mengikuti kegiatan Evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara di salah satu Hotel di Manado, Kamis 11 Oktober 2018,
Setelah melihat dan mendengar pemaparan hasil Evaluasi Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi oleh Asisten Deputi Revormasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan saat itu.


Sulawesi Utara yang terdiri dari 15 Kabupaten kota hanya Kota Manado yang bisa mendapatkan nilai B ( SAKIP 2017), selain itu C dan CC, sangat memalukan ungkapnya. Disorotinya seiring dengan Merit Sistem maka perlu evaluasi SKPD terhadap output dan outcome yang dihasilkan.
Punishment dan reward menjadi sorotan untuk evaluasi kedepan untuk meningkatkan integitas kinerja SKPD.
Kepala Daerah harus sadar diri karena jabatan adalah amanah. Jangan ada lagi Mindset “Asal Pimpinan Senang, karena setelah diketahui dari 42 SKPD sudah terlihat mana yang memiliki kinerja yang baik dan yang tidak, demikian ungkapannya saat mengetahui hasil evaluasi tersebut.
Pertumbuhan ekonomi di Sulut tergantung pada tiga faktor yaitu ekspor, investasi, dan belanja pemerintah, maka pertumbuhannya akan jelas jika akuntabilitas kinerja pemerintah baik, hasilnya pun akan baik,”. Pencapaian nilai A adalah target bersama, imbuhnya.


Hadir Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabiltas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Ronald Annas Ak, dan sejumlah pejabat Pemprov Sulut serta Kabupaten/Kota yang ada.

( IMEY )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed