oleh

Forum LLAJ : Terapkan SOP Solusi Kemacetan


Topmanado.com, MANADO-Menurut Moekijat (2008), Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

Akibat kemacetan masih menjadi masalah serius di Kota Manado maka Pemerintah Kota Manado terus melakukan upaya untuk mengurangi kemacetan tersebut diantaranya Pengembosan, Penggembokan dan Penderekan bagi kendaraan yang tidak mematuhi rambu2 lalu lintas yang ada.

Dalam hal ini yang menjadi perhatian yaitu masalah parkir sembarangan sehingga menimbulkan kemacetan yang serius. Hal ini segera disikapi agar menjadi efek jerah bagi pengendara yang tidak mematuhi rambu2 lalu lintas yang ada. Namun untuk memastikan bahwa semuanya itu dapat berjalan dengan baik maka sarana dan prasaranapun harus diperhatikan agar ketika demikian halnya terjadi indikasi pelanggaran maka pemerintah sudah menyediakan solusi bagi pengendara kendaraan tersebut, ungkap salah satu perwakilan sopir angkot dalam rapat Forum LLAJ Kota Manado yang diadakan di ruang Bapelitbang, Kantor Wali Kota Manado, 15 Oktober 2018.

Anggota Forum Lalu Lintas Kota Manado Daniel Sondak mengatakan, sudah saatnya Pemkot Manado menerapkan aturan menderek mobil yang parkir sembarang. “Pengembosan sudah tidak efektif lagi, baiknya mobil parkir sembarang segera diderek, “ujar Sondak dalam rapat Forum LLAJ Kota Manado di ruang rapat Bapelitbang Kota Manado kemarin. Ditambahnya jika penderekan tersebut akan dilaksanakan maka pemerintah juga harus menambah mobil derek agar program ini bisa berjalan dengan baik.
Ia juga meminta kepada semua anggota Forum LLAJ Kota Manado untuk terus mencari solusi terbaik untuk mengurangi tingkat kemacetan.

“Kita sudah sering melakukan rekayasa lalu lintas namun macet masih saja terjadi, saya percaya kita akan bisa mencari solusi terbaik sehingga masyarakat akan makin nyaman ketika menggunakan jalan raya di Kota Manado, “tukas Daniel.

Sementara itu Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan mengatakan, jika memang penderekan mobil perlu dilaksanakan pasti akan dilaksanakan namun saat ini kami harus memikirkan dari berbagai aspek soal rencana penderekan mobil ini. Sosialisasi terhadap penerapan SOP akan gencar dilaksanakan dan kalau dianggap perlu maka usulan anggota forum LLAJ untuk menyediakan manual book sebagai pedoman sekaligus panduan dalam menjalankan aturan lalu lintas maka akan segera dibuat.

( IMEY )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed