oleh

Seminar Pemberdayaan SDM Pertahanan Negara SULUT Hadirkan Putra/i Daerah yang Sukses sebagai Motivator


TopManado.com, SULUT-Kementerian Pertahanan RI melalui Perwakilan Kementrian Pertahanan (PKP) Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Seminar Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertahanan Negara, yang dilakukan di Aula Santiago 131 Makorem (24/10/2018).

Pada hakikatnya Sumber Daya Manusia (SDM) Pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), adalah mencakup seluruh lapisan masyarakat, akan tetapi generasi muda bangsa adalah unsur terpenting yang menentukan terlaksananya sistem pertahanan semesta yang dianut oleh NKRI. Masa depan bangsa ada dipundak para generasi muda saat ini. Oleh karenanya Kementrian Pertahanan Negara Republik Indonesia berupaya terus menerus mengawal SDM dengan berbagai kegiatan yang dilakukan disetiap perwakilan Kementrian Pertahanan di setiap Provinsi sebagai bentuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

Pertahanan negara adalah pertahanan nasional karenanya segala cara untuk mengusahakan mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara diperlukan Kesadaran bela negara dan rasa cinta tanah air. Ucap Kolonel Kav Tri Agus Suwanto dalam sambutannya.

Disadarinya bahwa banyaknya generasi muda yang memiliki berjuta keinginan namun tidak bisa terwujud, dikarenakan kurangnya keahlian mengakibatkan depresi dan tidak bisa berbuat lebih untuk hal yang positif. Maka melihat kondisi seperti itu Perwakilan Kementerian Pertahanan Sulawesi Utara memberikan solusi dalam pemberdayaan sumber daya manusia khususnya kepada kaum muda sebagai bentuk revolusi mental. kegiatan yang dilakukan ini untuk mempersiapkan SDM yang mandiri, “tambahnya.

Sebagai bentuk cinta tanah air ataupun bela negara dan demi perwujudan menjaga ketahanan negara maka kegiatan Seminar yang dihadiri kurang lebih 150 peserta ini, menjadi lebih spesial, dikarenakan menghadirkan Nara sumber yang merupakan pribadi-pribadi inspiratif untuk dijadikan teladan dalam menumbuhkan semangat juang dan tekat yang keras dalam menggapai impian para peserta yang kali ini sengaja menghadirkan anak sekolah tingkat SMA/SMK juga Mahasiswa didampingi oleh Guru dan Dosen.

Seminar yang digelar bertujuan untuk menggali potensi atau bakat dan talenta yang dimiliki anak muda, maka kehadiran orang-orang yang sudah sukses di Sulawesi Utara menjadi warnah tersendiri dalam memotivasi generasi muda dalam menyiapkan masa depan dan mengisi hari-hari dengan hal yang bermanfaat sebagai bentuk menunjang ketahanan Negara. Life Skill adalah gagasan dari Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan Sulut saat ini dalam mewujudkan anak muda yang Kreatif, inovatif dan berkarakter.

Adalah Kartini seorang ibu rumah tangga asal Sulawesi Utara yang pada kondisi terpuruk selama setahun bergulat dengan depresi, akhirnya kembali bangkit dengan semangat jiwa dan raga mencari jari diri hingga sukses dalam menjalankan UKM Sambal Roa dan Cakalang dengan modal awal hanya Rp 350.000, akan tetapi kompensasi dari Kegigihan dan tekat yang kuat saat ini usaha yang ditekuni Kartini meraup omset Rp 30.000.000/ bulan, dan itu sudah merupakan bagian dalam menjaga ketahanan negara dalam hal membuka lapangan pekerjaan buat orang lain. Temukan talenta dalam diri masing-masing dan tetap fokus pada tujuan itulah dasar saya menggapai impian, ucap Kartini dalam memberikan motivasi.

Demikian juga dengan pemilik nama lengkap Riklan bin garib anak muda yang saat ini masuk dalam 15 besar StandUp Komedi Indonesia, berbagai potensi mengalir dalam dirinya, selain mahir memainkan berbagai alat musik dan bernyanyi, kemampuan Riklan sering ditunjuk sebagai ketua dalam berbagai forum. Dari berbagai talenta yang dimilikinya, kecintaannya pada “Publik Speaking” rupanya menjadi daya tarik tersendiri baginya.

Saya berterima kasih kepada Tuhan karena diberikan banyak keahlian dalam diri saya, namun saya harus menemukan talenta apa yang harus saya kembangkan. Menurut saya sesuatu yang lebih berfungsi dan bermanfaat lebih besar untuk diri saya sendiri dan orang lain itulah yang merupakan talenta yang harus saya kembangkan. Dan kali ini “Publik Speaking” adalah talenta saya, selain bisa menghibur masyarakat juga bisa mengisi pundi-pundi, ujar mahasiswa semester empat Fakultas Hukum Unsrat yang gemar MC, Barista dan mengalami pengalaman selama setahun manggung tapi tidak bisa membuat audiens tertawa saat membawakan Standup Komedi.

Dalam kegiatan seminar yang disponsori sekaligus dihadiri oleh para alumni Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Sulawesi Utara dibawah Direktoral Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI tersebut selain untuk menggali potensi sumber daya manusia juga untuk membuka kesempatan bagi para generasi muda Indonesia supaya bisa berkreasi dan berinovasi di ajang Parade Cinta Tanah Air yang dijadwalkan setiap Tahun dengan berbagai lomba dan tentunya difasilitasi oleh Kementrian Pertahanan Negara RI. PCTA tersebut guna menanamkan dan menumbuhkan karakter cinta tanah air dan bela negara serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Dalam kegiatan ini diharapkan juga para anggota PCTA untuk dapat secara aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan bela negara.

Dengan tidak meninggalkan budaya kearifan lokal, antusias para peserta dalam mengikuti seminar di akhiri dengan tarian Poco-Poco didampingi instruktur handal Nining.
Ini Semangatku, Semangat, Semangat dan Semangat !

( IMEY )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed