oleh

DLH Rancang Inovasi Baru Untuk Pengelolaan Sampah Kota Manado

Topmanado.com, Manado – Inovasi dan ide kreatif terus dilakukan demi menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Lingkungan hidup sehat ialah menjadi sala satu program demi menjadikan Manado sebagai salah satu contoh dan Destinasi bagi kota-kota lainnya. Pengelolaan lingkungan bersih tidak lagi menggunakan sistem open dumping dinilai menjadi syarat yang cukup berat untuk bisa meraih penghargaan Piala Adipura. Kota Manado, Sulawesi Utara, gagal mendapatkan piala kebersihan tersebut lantaran masih menggunakan sistem open dumping dalam pengelolaannya.

“Iya kami masih memakai open dumping. Syarat yang sekarang diberlakukan tidak boleh lagi memakai sistem itu. Harus diubah jadi sistem sanitary landfill,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Sulawesi Utara, Sonny A Rompas, saat dihubungi, Rabu (16/1).

Sonny yang baru tiga hari menjabat sebagai kepala dinas ini juga mengungkapkan pemerintah kota sudah menyiapkan perubahan sistem pengelolaan sampah sejak lima tahun lalu. Namun rencana tersebut dialihkan karena Manado terkena bencana banjir besar.

“Sebenarnya rencana itu sudah dilakukan lima tahun lalu tapi pada 2014 kami kena musibah banjir jadi ditunda dulu. Rencananya, tahun ini sudah berjalan,” ungkapnya.

Tempat pembungan akhir Sumompo, sambungnya, sudah seharusnya diubah menjadi sistem pemusnahan sesuai intruksi pemerintah pusat. Namun pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran khusus untuk perubahan tersebut.

“Rencananya tahun ini menggunakan anggaran APBD 2019, tapi sebenarnya Manado sekarang lebih bersih dibandingkan 2013 atau sebeumnya yang justru kami mendapat Adipura. Cuma open dumping itu saja yang kami belum perbaiki,” cetusnya.
Sonny menambahkan pengelolaan sampah sudah dilakukan secara mandiri di setiap kecamatan di Manado.