oleh

Amankan Pulau-pulau Kecil Terluar, Pangdam XIII/Mdk Kirim Pasukan Raider

TopManado.com – Manado – Bertempat di Pelabuhan Manado, Kel. Calaca, Kec. Wenang, Kota Manado, Rabu (06/02/2019), telah dilaksanakan Upacara Pengantaran Satgas Ops PAM Pulau-Pulau Kecil Terluar Kodam XIII/Mdk TA 2019.
Bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam XIII/Mdk (Mayjen TNI Tiopan Aritonang) dan Komandan Upacara Dandim 1301/Sangihe (Letkol Inf Saeful Parenrengi) yang diikuti 209 orang Personil.


Berikut ini kutipan amanatnya Mayjen TNI Tiopan Aritonang :
– Prajurit sekalian adalah wakil dari Indonesia yang akan menjaga pulau perbatasan , dekati masyarakat serta baik – baik dengan masyarakat , yang merupakan suatu kekuatan.
– Kita ketahui bersama bahwa pulau-pulau kecil terluar NKRI yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan wilayah yang sangat strategis karena berbatasan dengan negara tetangga kita yaitu negara Filipina sebagai jalur perlintasan laut dan termudah bagi warga negara asing untuk masuk ke wilayah NKRI melalui pulau-pulau terluar.
– Seluruh Personil Satgas PAM agar memahami betul tentang situasi dan kondisi wilayah perbatasan ini dengan segala dinamikanya yang berkembang saat ini sehingga keberadaan kalian tersebut benar-benar dapat menjaga kedaulatan setiap jengkal tanah-air Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini.
– Hindari pelanggaran sekecil apapun, jangan pernah menyakiti hati rakyat dan terus berupaya untuk membantu kesulitan masyarakat sekitar tempat kalian bertugas dan tetap pedomani Sapta Marga Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam setiap pelaksanaan tugas.


Pasukan Raider akan melaksanakan tugas selama 9 bulan di Marore dan Pulau Kawaluso (wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe) serta di Pulau Miangas, Pulau Marampit dan Pulau Kabaruan (wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud), dengan 209 orang Personil terdiri dari Yonif Raider 712/Wt dan Yonif 715/MTL yang tergabung dalam Satgas Ops PAM Pulau-pulau terluar.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara (diwakili), Kapolresta Manado, Kasdam XIII/Merdeka, Wadanlantamal VIII, Kasrem 131/Santiago, Danlanud Sam Ratulangi, para Asisten Kasdam XIII/Mdk, Kabalak, LO AL, LO AU serta Komandan Satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka.

(CIM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed