oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Luhut Luncurkan Program 1 Juta Nelayan Berdaulat

Topmanado.com – Sulut – Bertempat di Telkom Landmark Tower Jakarta, Senin (08/04/2019), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meluncurkan program 1 Juta Nelayan Berdaulat dan produk aplikasi FishOn. Program ini digagas untuk mewujudkan kesejahteraan nelayan-nelayan di Indonesia khususnya di wilayah-wilayah terpencil.

“Program ini akan kami jadikan program unggulan/prioritas Deputi Bidang Koordinasi Kedulatan Maritim, terhadap Program nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) untuk mensukseskan Indonesia menjadi Negara Poros Maritim Dunia,” kata Luhut.


Lebih lanjut lagi dijelaskan bahwa program ini terwujud melalui kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Asosiasi Pemerintah Bidang Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo), dan beberapa instansi terkait.

“Program 1 Juta Nelayan Berdaulat akan dilaksanakan di 300 kabupaten/kota wilayah pesisir Indonesia. Target 11peserta mencapai 300.000 nelayan hingga akhir 2019. Kami optimis Indonesia maju sebagai negara maritim terbesar di dunia,” ujarnya.


Adapun peluncuran program 1 Juta Nelayan Berdaulat ini dirangkaikan dengan seminar bertema Nelayan Indonesia Berdaulat Melalui Dukungan Teknologi 4.0.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama PT. Telkom Indonesia Alex J Sinaga, pembicara CEO fishOn Fajar Widisasono, Guru Besar IPB di Bidang Pakar Sistem dan Permodelan Perikanan Domu Simbolon, dan peserta yang terdiri dari Bupati dan Wali kota yang tergabung dalam Aspeksindo, lembaga sosial, asosiasi pengusaha, serta perwakilan nelayan.

(CIM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed