oleh

Wagub Kandouw Soroti Pelayanan BPJS Kesehatan Yang Belum Maksimal di Sulut

Topmanado.com, Manado – Bertempat di GKCC  Manado, Selasa (09/04/2019), Wakil Gubernur Steven Kandouw membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sulut tahun 2019 yang dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek.


Mengawali sambutannya Wagub Steven menjelaskan bahwa selama tiga tahun kepemimpinannya, Gubernur Olly Dondokambey selalu berusaha agar pelayanan kesehatan di sulut bisa ditingkatkan. Salah satunya saat ini di Kota Kotambobagu akan diresmikan rumah sakit rujukan agar pelayanan kesehatan di Bolmong raya bisa ditingkatkan.

Lebih lanjut lagi dijelaskan untuk daerah kepulauan akan segera dibangun Rumah Sakit dengan  harapan pemerintah pusat melalui ibu menteri Kesehatan membantu melengkapi rumah sakit ini


Disisi lain, menurut Wagub pelayanan BPJS Kesehatan selama ini yang nilainya belum maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara, masih banyak tagihan rumah sakit ke BPJS ada yang sudah empat hingga lima bulan belum berproses.

“Di PMI saja sudah lima bulan, ratusan juta bayangkan saja sampai ratusan juta, saya tidak mengerti ini. Ditambah lagi sekarang ini cakupan BJPS dikurang-kurangi ada obat-obat tertentu yang dulu bisa ditanggung tapi sekarang tidak ditanggung. Jadi ini kritik untuk BPJS Kesehatan pusat karena mereka menurut hemat saya tidak punya passion dengan kesehatan, tegas Wagub Kandouw. Untuk itu Wagub menyampaikan permintaan Gubernur Olly kepada Menteri Kesehatan untuk mempercepat Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan.

“Saya berharap kepada ibu Menteri Kesehatan agar Dana DAK kesehatan ini dipercepat sesuai harapan pak Gubernur Olly untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan menuju Sulut Hebat semakin baik di sektor kesehatan,” tutup Kandouw

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir.Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulut Dr. Kartika Devi Kandouw – Tanos, MARS, Ketua Dharma Wanita Sulut Ivonne Silangen serta para jajaran dinas kesehatan Provinsi Sulut.

(CIM)