oleh

Komitmen dan Dukungan Insan Pers Sulut ” Sepakat Pemilu Damai “

TopManado.com, SULUT-Dalam rangka menghadapi pemilu yang semakin dekat, pada Rabu 17 April 2019 nanti, Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulawesi Utara (Sulut), Tumbelaka Academic Centre (TAC) bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu kini mengadakan aksi gerakan pemilu damai lewat hastag ” SEPAKAT INDONESIA DAMAI” demi menyukseskan PILPRES dan PILEG 2019.

Komitmen serta dukungan pemilu damai kali ini secara bersama-sama dilaksanakan di kantor Dewan Provinsi, Jumat (12/04), dan dilanjutkan dengan konvoi bersama insan pers se-Sulut.

Tujuan dari pada kegiatan sepakat Indonesia damai dari manado untuk Indonesia adalah mengajak masyarakat agar tidak terprovokasi ataupun tidak terkontaminasi dengan berita-berita yang hoax, serta mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya atau tidak golput.

Dalam sambutan ketua Dewan Provinsi Andrei Angow, menghimbau agar pemilu harus damai atau kondusif.
“Demokrasi harus dirawat, sebab jika demokrasi tidak dirawat maka akan membunuh diri sendiri, salah satu merawat demokrasi yaitu bertanggung jawab dalam penulisan berita. Pemberitan harus pada konteks yang benar bukan hoax, yang mengakibatkan perpecahan. Saat ini bukan lagi pena lebih tajam dari pedang tapi tools di handphone lebih tajam dari pada pena itu sendiri, tandasnya.

Kegiatan konvoi aksi sepakat pemilu damai dengan rute DPRD Provinsi, kantor Gubernur, Megamall, Taman Kesatuan Bangsa, hingga finish ke KPU Provinsi Sulawesi Utara, diisi dengan orasi dari para Wartawan sembari menandatangani petisi pemilu damai, juga membagikan brosur kepada masyarakat sebagai ajang turut mensosialisasi pemilu yang semakin dekat dan mengajak masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya, juga menitipkan bunga sebagai isyarat tetap menjaga kedamaian sebelum dan selesai pemilu 2019 nanti.

Diakhir konvoi tersebut tak lupa ketua KPU Sulut sebagaimana sebagai penyelenggara pemilu memberikan apresiasi kepada insan pers Sulawesi Utara atas dukungan dalam membantu KPU dalam menyukseskan pemilu.
” Kami sangat berterima kasih kepada para Wartawan Sulawesi Utara yang sudah menggagas kegiatan ini. Kegiatan komitmen dan dukungan media ini adalah satu-satunya dan baru pertama dilakukan diIndonesia, semoga kegiatan ini dimulai dari Sulawesi utara dan bisa menjalar ke seluruh Indonesia ” imbuh Ardiles Mewoh.

Insan perspun meresponi harapan dari KPU dan masyarakat Indonesia untuk tetap mengawal, berkomitmen dan sepakat mendukung pemilu 2019 dengan pemberitaan-pemberitaan yang memberikan kedamaian dan tidak memberikan efek resah melalui orasi para wartawan.

(Imey)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed