oleh

Pasar Kayu Bulan Malalayang Bakal Dijadikan Pasar Percontohan Kota Manado

Topmanado,com, Manado – Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, menyebut Pasar Kayu Bulan di Kelurahan Malalayang 1 Kecamatan Malalayang Manado, diproyeksikan akan menjadi pasar induk dan percontohan di Kota Manado dan akan segera dioperasikan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Walikota Vicky pada Selasa (07/05/2019), saat melakukan pemantauan dan tatap muka bersama dengan pedagang di pasar tersebut. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pasar ini akan dilengkapi dengan sarana penunjang guna pelayanan kepada masyarakat seperti Poli Klinik Kesehatan, Tempat Ibadah, juga disiapkan ruang untuk pendidikan bagi anak-anak yang kedua orangtuanya sebagai pedagang dipasar.

“Tujuan dari pasar baru ini, adalah agar penjual lebih nyaman dan pembelinya juga senang, dan jualannya lebih baik dari pasar sebelumnya, dimana pasar Kayu Bulan ini akan menjadi pasar percontohan di kota Manado.” ujar Walikota.

Pola pengelolaan sampah akan menjadi lebih baik karena semua sampah langsung diselesaikan di Kayu Bulan lewat proses pembakaran sampah melalui alat Incinerator yang ada di lokasi Pasar. Sedangkan lokasi eks Pasar Bahu selanjutnya akan dijadikan pasar kuliner khusus menjual aneka kue tradisional dan jajanan Manado.

Relokasi juga akan terjadi di pasar Tuminting dimana Pasar itu akan dipindahkan di lokasi yang berada tak jauh dari TPA Sumompo yakni di Kelurahan Buha yang juga sekonsep dengan pasar Kayu Bulan.

Sebelumnya dalam kesempatan tersebut, Kadis Disperindag Kota Manado, Hendrik Warokka, S.Pd, DEA, menyerahkan aset Pasar Kayu Bulan Malalayang kepada PD Pasar Kota Manado untuk dioperasionalkan, lewat penandatangan berita acara penyerahan aset bersama Direktur Utama Stenly Suwuh. Dalam menopang operasional Pasar, juga disiapkan trayek baru angkutan umum, armada dan ketersediaan air bersih.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadis Perhubungan, Michael Tandirerung, AP, M.Si, Kaban BPBD, Maxmilian Julius Tatahede, S.Sos, Camat Malalayang, Deysie Kalalo, SE, M.Si, Kabag Pem-Humas Setda Kota Manado, Drs Sonny Takumansang, M.Si, Direktur PDAM Kota Manado serta jajaran PD Pasar Kota Manado dan Perindag Kota Manado.

(CIM)