oleh

Walikota Manado GSVL Irup Upacara Di Hari Kebangkitan Nasional Yang Ke-111 Pemkot Manado

TopManado.com, MANADO–Pemerintah Kota Manado menggelar ucapara bendara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-111, Senin, (20/5/2019)pukul 08.00 pagi bertempat di lapangan Sparta Tikala.

WaliKota Manado G.S Vicky Lumentut bertindak selaku Inspektur Upacara, Perwira Upacara Kadis Kominfo Erwin Kountu dan Komandan Upacara Camat Wenang Donald Sambuaga.

Dengan tema “Bangkit Untuk Bersatu” Walikota saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan, Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

“Peringatan hari Kebangkitan Nasional ke-111 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa,”kata Walikota.

Dalam kesempatan ini juga Walikota mengatakan di ujung bulan Ramadhan nanti, seperti Mahapatih Gajah Mada yang mengakhiri puasa dengan hati yang bersih berkat hubungan yang kembali Fitri dengan sesama, sangat relevan apabila peringatan hari Kebangkitan Nasional disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu” menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

“Selamat memperingati hari Kebangkitan Nasional yang Ke-111. Saya mengajak kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,”tandas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

Ikut hadir dalam upacara tersebut, Wakil WaliKota Mor Bastiaan, Sekretaris Daerah Micler Lakat, Forkopimda, para staf ahli, asisten dan pejabat di lingkungan Pemkot Manado.

(IMEY)