oleh

Penenggelaman Patung “Lady With Kendi” Terobosan Pelestarian Terumbu Karang Di Taman Laut Bunaken

Topmanado.com, Manado – Dalam rangka melanjutkan upaya konservasi bawah laut di Taman laut Nasional Bunaken, Hotel Grand Luley Manado dan Luley Dive Center Manado bekerjasama dengan Coral Triangle Center dari Bali akan kembali menenggelamkan 20 patung. Pada tahun 2015, Hotel Grand Luley Manado dan Luley Dive Center memulai upaya konservasi Taman Laut Nasional Bunaken dengan cara menenggelamkan patung mermaid yang bertujuan untuk mengembalikan habitat bagi biota laut yang hidup di Taman Laut Nasional Bunaken. Patung mermaid tersebut dibuat oleh pematung ternama dari Bali, Wayan Winten dan kolaborasi dengan The Marine Foundation di Bali.

“Untuk tahun ini diawali dengan peneggelaman Patung “Lady With Kendi”, kemudian akan disusul dengan 19 patung lainnya yang sementara dalam pengiriman ke tempat ini “ ungkap Ibu Suzy Hutomo Pemilik Hotel Grand Luley Manado dan juga pemrakarsa kegiatan ini pada topmanado.com, Kamis (27/06/2019).

Selain itu, Grand Luley Manado juga melakukan berbagai upaya lain diantaranya; penanaman 8.000 tanaman bakau, penanaman terumbu karang, pemanfaatan jetty bagi banyak pihak, program donasi dan lain-lain.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan upaya dan komitmen kami untuk ikut terus berperan aktif dalam melestarikan Taman Laut Nasional Bunaken. Sebagai kebanggaan masyarakat Manado khususnya dan tentu seluruh rakyat Indonesia, menjaga kelestarian Taman Laut Nasional Bunaken menjadi prioritas kami. Selain menjadi daya tarik para penyelam yang menikmati keindahan taman terumbu karang, ini juga dapat memiliki nilai edukasi bagi wisatawan untuk ikut berwisata sambil menjaga kelestarian dan keindahan alam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Implementasi Perjanjian Kerjasama antara PT Pandu Harapan Nusa dengan Balai Taman Nasional Bunaken tentang Penguatan Fungsi Kawasan Taman Nasional Bunaken Berupa Pengembangan Wisata Alam dalam Bentuk Pemanfaatan Dermaga (Jetty) di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.” Jelas Ibu Susi.

Hotel Grand Luley Manado terletak 15 kilometer di utara Manado, ibukota utama Sulawesi Utara. Lokasinya, berbatasan dengan hutan bakau di sepanjang pantai, menjadikannya lokasi yang paling unik, tepat di jantung Taman Laut Nasional Bunaken.

“Kami mendukung dan mengapresiasi upaya Hotel Grand Luley & Luley Dive Center untuk membantu konservasi Taman Laut Nasional Bunaken melalui transplantasi terumbu karang dan penenggelaman patung yang akan menjadi habitat baru bagi biota laut. Taman Laut Nasional Bunaken merupakan salah satu destinasi menarik bagi wisatawan lokal dan juga mancanegara. Untuk itu, upaya ini bukan hanya menyelamatkan Taman Laut yang lestari tetapi juga memaksimalkan daya tarik wisatawan untuk menikmati keindahan Taman Laut Nasional Bunaken.” Jelas Ibu Dr. Farianna Prabandari S.Hut., M. Si selaku Kepala Balai Taman Laut Nasional Bunaken.

Hotel ini menjadi tempat untuk relaksasi sekaligus mengajak para tamu untuk berhubungan kembali dengan keindahan alam. Bukan hanya karena letak Hotel yang berbatasan dengan Taman Laut Nasional Bunaken, tetapi pemilik dan segenap karyawannya juga memiliki semangat dan misi yang sama, yaitu ingin melestarikan
keindahan alam, khususnya Taman Laut Nasional Bunaken. Hotel Grand Luley juga
memiliki beragam fasilitas seperti Spa, Dive Center, Zipline dan lain-lain yang dapat
diakses melalui situs https://www.luleyhotels.com/.

(CIM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed