oleh

Ucapkan Selamat HUT Kota Manado ke-396, Walikota Vicky Berharap Warga Jaga Terus Kerukunan

Topmanado.com, Manado – Kota Manado adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Kota Manado berada di tepi pantai Laut Sulawesi persisnya di Teluk Manado.
Taman Nasional Bunaken terletak tidak jauh dari pantai Kota Manado.Menurut sejarah, sejak abad ke-16 Kota Manado telah dikenal dan didatangi oleh orangorang dari luar negeri. Akan tetapi momentum yang lebih banyak memiliki kesan-kesan historis dalam dokumen negara, yakni pada abad ke – 17 khususnya di tahun 1623.


Sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Manado merupakan pusat pemerintahan dari wilayah Keresidenan Manado yang pada waktu itu meliputi pulau Miangas (pulau paling utara dari Sulawesi Utara) sampai ke Kolonedale di Sulawesi Tengah. Oleh karena pengaruh situasi politik dan struktur pemerintahan, maka status Kota Manado dari masa ke masa mengalami perubahan-perubahan, mulai dari status Gemeente Manado hingga berstatus daerah Kota Manado.


Segudang prestasi diraih kota Manado dibawah Kepemimpinan Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA bersama Wakil Walikota Manado, Mor D. Bastiaan, SE. Penyelenggaran roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik terus ditingkat, khususnya dalam pelayanan dasar yakni, Pendidikan, Kesehatan dan Infrakstruktur dinikmati oleh rakyat Kota Manado.


Kehidupan rukun dan damai dalam keberagaman dan perbedaan, terus hidup dan terpelihara di tengah warga Kota Manado, sehingga predikat kota tertoleran selang tiga tahun ini dinobatkan kepada Pemerintah dan Masyarakat kota Manado. Tema HUT ke 396 Tahun Kota Manado, “Torang Manado, Torang Rukun” adalah Identitas kita bersama, mengandung makna dan pesan, tentang sejarah Kota Manado sejak dahulu kala, sebagai tempat yang ramah dan damai, sehingga menjadi tempat pertemuan masyarakat lokal maupun bangsa luar dari eropa, timur tengah dan asia, dalam urusan perdagangan, ekonomi dan diplomatik saat itu.


“Semua agama di Indonesia ada di sini, Kristen Protestan, Islam, Kristen Khatolik, Bhuda, Hindu dan Kong Hu Chu, kita hidup berdampingan, rukun dan damai di Kota Manado sebagai Rumah Besar kita semua, dari berbagai latar belakang, suku, agama, budaya dan golongan, Torang Manado, Torang Rukun,” Ucap Walikota.
Seraya mengatakan Selamat HUT ke-396 Tahun Kota Manado, yang torang banggakan dan cintai bersama. Menuju Manado Kota Cerdas 2021. Sekali lagi, Selamat HUT ke 396 Tahun Kota Manado, dari Manado terpancar cahaya toleransi di seluruh persada Nusantara. God bless Kota Manado, Beranda Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(CIM)