oleh

Tim Kolintang PINKAN Tampil Memukau di Festival Indonesia ke-4 di Moscow

-Daerah-516 views

Topmanado.com, Moscow – Pada 2-4 Agustus 2019 Kedutaan Besar Republik Indonesia di Federasi Rusia merangkap Republik Belarus (KBRI Moskow) menggelar Festival Indonesia ke-4 di Moskow dengan Tema “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Your Tropical Paradise”.

Pada Festival akan dipersembahkan juga berbagai pagelaran seni dan budaya dari berbagai daerah Indonesia, baik lagu, tarian, maupun permainan alat musik. Termasuk wayang kulit. Selain itu, Festival akan dimeriahkan juga oleh master class tari dan alat musik tradisional, workshop batik, kelas Bahasa Indonesia, fashion show dari para desainer Indonesia, cooking class masakan/kuliner nusantara, barista kopi Indonesia, dan lainnya.

Persatuan Insan Kolintang Nasional Indonesia (PINKAN Indonesia) hadir dan tampil pada pembukaan Festival Indonesia untuk memperkenalkan keanekaragaman pesona Indonesia melalui aneka busana tradisional nusantara Indonesia seperti busana Adat Aceh, Batak Sumatra Utara, Pinawetengan Minahasa, Dayak Kalimantan, Lurik Jogyakarta dan Bali. Kemudian pada kesempatan berikutnya penampilan Kolintang yang terdiri dari 5 pelatih yang dipilih mewakili komunitas insan kolintang Indonesia tampil membawakan beberapa lagu termasuk lagu klasik yang popular di Rusia.

Antusiasme serta rasa ketertarikan masyarakat umum yang hadir pada Festival ini pun menjadi apresiasi yang tinggi sebagai tanda penerimaan masyarakat akan kolintang, terutama kepada keunikan instrument kayu yang padu menghasilkan nada nada yang merdu.

Di kesempatan lainnya, PINKAN Indonesia pun diterima oleh oleh Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia Bapak Mohamad Wahid Supriyadi. Yang memberikan apresiasi serta menyampaikan peran Festival guna mempromosikan berbagai produk ekonomi kreatif Indonesia seperti berbagai alat musik tradisional, fashion dengan kreatifitas design bercirikan seni budaya Indonesia antara lain batik, tenun, rajutan, termasuk juga makanan dan minuman ciri khas Indonesia antara lain kopi, teh dan beberapa snack yang diharapkan dapat memberi kesempatan berinteraksi dan menjalin kerja sama mempromosikan bidang pariwisata , budaya dan ekonomi dari pemerintah daerah masing masing dengan para pelaku bisnis Indonesia dan Rusia.

Tim PINKAN Indonesia ini pun didukung sepenuhnya oleh berbagai komunitas lintas senibudaya tanah air, demikian pula oleh Ketua Umum Ibu Penny Iriana dan Ketua Dewan Pembina Laksamana TNI (Purn) Prof. DR. Marsetio.

Festival Indonesia merupakan ajang promosi perdagangan, investasi, pariwisata dan seni budaya terpadu sebagai bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia di Rusia.

(CIM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed