oleh

HUT RI ke 74, Walikota Vicky Lumentut Pimpin Upacara Ziarah Nasional

Topmanado.com, Manado – Upacara ziarah Nasional yang digelar Pemkot Manado merupakan kegiatan yang laksanakan setiap tahun dalam rangka peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang bertujuan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk generasi saat ini, serta memberikan penghormatan atas jasa-jasanya.

Tahun ini, Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Jumat (16/8/2019) dipimpin langsung oleh DR.Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan bahwa sebagai anak bangsa, sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan kusuma bangsa yang telah berjuang dengan tetesan darah dan jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia.
Pengorbanan para pahlawan itu haruslah menjadi pemicu semangat bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras, kerja cerdas dalam pembangunan.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado, saya menyampaikan selamat menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju. Ziarah Nasional yang dilaksanakan di TMP Kairagi Manado setiap tanggal 16 Agustus jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, sebagai momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan Nasional,” tandas Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota meletakkan karangan bunga di monumen Pahlawan Nasional serta melakukan penghormatan dan hening cipta sejenak untuk mendoakan arwah para pahlawan kusuma bangsa yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado. Selanjutnya, dilakukan tabur bunga di makam para pahlawan secara bergantian.

Turut hadir mendampingi Walikota, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan,SE, Pimpinan Sementara DPRD Kota Manado, Ketua Altje Dondokambey, Wakil Ketua, Nortje Van Bone, Danlanudsri, Kolonel Pnb, Johnny Sumaryana, SE, Kepala Kejaksaan Negeri Manado, Maryono, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Manado Lukman Bachmid, SH, MH serta Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH, Forkompimda Kota Manado/Yang Mewakili, dan para Asisten serta pejabat Perangkat Daerah di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

(CIM)