oleh

Vicky Lumentut Hadiri Rapat Koordinasi dan Bimtek Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional Regional Sulawesi 2019

TopManado.com, Manado – Dalam Rapat Koordinasi dan Bimtek JIGN Regional Sulawesi yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O. E. Kandouw bersama Kepala Badan Informasi Geospasial Hasanuddin Z. Abidin.
Kesempatan tersebut juga Walikota Manado Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA dan Walikota melakukan penandatangan MoU tentang Penyelesaian Tata Batas Kelurahan, Tata Batas Kota dan Kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Kota Manado, antara Pemerintah Kota Manado dengan TNI Komando Daerah Militer XIII/Merdeka.


Isi dari MoU tersebut diantaranya, pemakaian peralatan, penegasan penetapan pilar, pengamanan, pelatihan geospasial dan jaring infomasi geospasial daerah, Rabu (02/10).


Walikota juga hadir sebagai pembicara dengan materi “ Pembangunan Simpul Jaringan di Kota Manado”. Walikota dua periode pilihan rakyat Manado ini, menjelaskan latar belakang Pemerintah Kota Manado perlu simpul jaringan. Ditambahkan Walikota, masing-masing Perangkat Daerah masih memakai data sendiri, sehingga tidak efektif dan efisien dalam koordinasi apabila data tersebut suatu saat dibutuhkan.


“Maksud dan tujuan pembangunan simpul jaringan di Kota Manado yaitu membangun satu referensi data kota yang berbasis peta, dan bertujuan untuk memberikan kemudahan akses antara Perangkat Daerah untuk memakai data dalam proses perencanaan, monitoring evaluasi, pengambilan keputusan dan pelayanan masyarakat”, ujarnya. Dikatakan juga, membangun simpul jaringan sebagai informasi geospasial Kota Manado yang terintegritas sebagai sarana berbagai pakai data antar Perangkat Daerah.


Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Kadis PUPR Kota Manado, Bart Assa, Kaban Bapelitbangda, Liny Tambajong, Kadis Kominfo, Erwin Kontu, dan Kabag Pem-Humas Setda Kota Manado, Sonny Takumansang.

DR ( TM )