oleh

Program Workshop Smart City Dan Smart Regency Digelar Oleh Dinas Kominfo Kota Manado

TopManado.com, Manado – Dalam program yang lakukan oleh Pemerintah Kota Manado ini dikatakan selalu megutaman kemajuan demi masa depan yang lebih baik. Selaku Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manadopun bekerjasama dengan PT. Small Region menggelar Workshop Smart City dan Smart Regency, Kamis 03 Oktober 2019 di Hotel Aston Manado, tema “Solusi Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence dan Blockchain menuju era Industri 4.0”, dengan menghadirkan narasumber, Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu, Mohammad Ommar (CEO PT. Small Region) , Reza Pahlevi dari Hikvision dan peserta para Kepala Dinas Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara, Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota Prov Gorontalo , Akademisi (Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Negeri Manado).


Dalam bacaan laporan kegiatan, Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo Kota Manado Heintje Lombone mengatakan terkait perkembangan Teknologi Informasi dan munikasi (TIK) yang sedemikian pesat telah membawa dampak yang positif sekarang ini melalui berbagai terobosan baru untuk peningkatan infrastruktur teknologi.


Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah digunakan dihampir semua sektor, mulai dari trasportasi, perdagangan, ekonomi, manufaktur, pemerintahan pendidikan, kesehatan hingga pertahanan dan keamanan, pemerintahan yang berbasis digital melayani (Digital Melayani) adalah sistem pemerintahan yang berbasis teknologi digitalisasi untuk inovasi e-government yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan dari lembaga pemerintah kepada masyarakat melalui pelayanan online.


Program Workshop Smart City dan Smart Regency dilaksanakan dengan maksud menjadi sarana bagi pemerintah kota/kabupaten, akademisi, pengembang ICT, dan komunitas ICT, untuk berbagi visi, pengalaman dan ide penerapan konsep Smart City dan Smart Regency untuk memaksimalkan potensi internet secara lebih masif serta menciptakan sistem terintegrasi berbasis Internet of Things (IoT).


Turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Manado Micler C. S Lakat mewakili Walikota Manado membuka kegiatan Workshop Smart City dan Smart Regency. Dalam sambutanya, Micler Lakat menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu yang sudah meyelenggarakan workshop ini, dan sangat mengapresiasi atas kehadiran CEO PT. Small Region Mohammad Ommar, selanjutnya Sekda mengatakan, Kota cerdas adalah Kota yang cepat memberi solusi kepada masyarakatnya dengan menggunakan teknologi informasi sebagai media pendukung. Memang kemajuan dalam bidang Teknologi sangat berpengaruh dan bisa dikatakan kemjuannya cukup siknifikan dan ini bisa membawa Kota Manado ke erah yang lebih baik dan lebih maju lagi.

DR ( TM )