oleh

Pemkot Manado Kembali Dikunjungi Oleh Tim RKCI

-Manado-227 views

TopManado.com, Manado – Dalam banyak kegiatan yang telah diselanggara, kini Pemerintah Kota Manado mendapatkan kunjungan penting untuk berbagai program dalam bidang Teknologi untuk membahas beberapa poin penting.Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menerima kunjungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (21/10/2019).
Kunjungan ITB oleh Muhammad Kohimda bersama Hendra Sandi dalam rangka kegiatan Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 yang bekerja sama dengan Metro TV, APEKSI dan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC).
Dalam rangkayan tersebut, Walikota Manado G.S Vicky Lumentut bersama Wakil Walikota Mor D Bastian mengikuti pertemuan dan kegiatan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019.


Didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado Michler Lakat, bersama Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Erwin Kontu, di Ruang Cerdas Command Center (C3) Kantor Walikota Manado.
Senin (21/10/2019)
Dari 93 kota di Indonesia (minus 5 kota di DKI Jakarta), kompetisi Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) menyisakan tahapan visitasi terhadap 30 kota yang memiliki keunggulan dalam mengelola Smart City.


Ke-30 kota tersisa masing-masing terdiri dari 10 kota utk tiap kategori yaitu Kota Kecil, Sedang, dan Besar. Menariknya dalam kompetisi kali ini, Kota Manado menjadi 1 dari 10 Finalis dalam kategori Kota Besar, dan satu-satunya yang mewakili Sulawesi Utara. Beberapa kota di Sulut yang diundang mengikuti kompetisi, belum berkesempatan memasuki tahapan visitasi.


Dikutip dari laman resmi RKCI, menurut Steering Committee RKCI 2019, Dr. Ir. Arry Akhmad Arman MT., kegiatan RKCI bertujuan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi “kota cerdas” berdasarkan potensi dan karakter lokal. “RKCI bukan untuk mencari kota juara, tapi lebih mengukur sehingga kita bisa tahu kota mana yang punya potensi di bidang tertentu, kelemahannya di bidang apa, sehingga bisa sharing solusi saling belajar satu sama lain dengan kota lain,” kata Direktur Sistem dan Teknologi Informasi ITB itu.


Di hari pertama verifikasi, Senin 21/10/2019, Tim Penilai melakukan verifikasi terhadap Bapelitbangda dan Dinas Kominfo dan kunjungan.lapangan terhadap spot yang dinilai sebagai lokasi pemanfaatan Smart City.
Besok, Selasa 22/10 Tim.akan melanjutkan verifikasi terhadap perangkat daerah utk.melihat kesesuaian antara isian dalam.kuesioner dengan fakta di perangkat daerah dan kondisi faktual di lapangan.
Kita tentu berhatap, Manado dapat.mengulang kembali prestasi 2 tahun lalu dengan menempati 3 besar dan memperoleh 11 penghargaan terhadap indikator yang dinilai.

DR ( TM )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed