oleh

Konsep Smart City Akan Dikembangkan Telkomsel Di Provinsi Gorontalo

TopManado.com, Manado – Kemajuan teknologi pastinya sangat siknifikan. Apalagi di Kota yang sedang berkembang di Indonesia, pastinya saran komunikasi sangat menjadi salah satu sarana yang sangat penting. Kali ini, Telkomsel mengumumkan kolaborasi dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo untuk bersinergi mengembangkan konsep smartcity.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh unitSmall Medium Enterprise Management Telkomsel bersama Bupati dari Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara di Jakarta (28/10).

Vice President Small Medium Enterprise Management Telkomsel Seow Chuen Yong Nicholas mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Telkomsel untuk dapat menghadirkan solusi smartcity di sejumlah daerah yang berada di naungan pemerintahan Provinsi Gorontalo.

“Kolaborasi ini menjadi bentuk komitmen Telkomsel untuk dapat aktif berperan serta membantu pemerintah dalam mengakselerasikan negeri melalui sinergi bersama institusi pembangunan daerah, sekaligus mewujudkan pembangunan nasional, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna,” ujarnya berdasarkan siaran pers yang diterima KORAN SINDO MANADO.

Dalam kolaborasi bersama tiga Pemda di Provinsi Gorontalo tersebut, Telkomsel akan menghadirkan sejumlah solusi layanan smartcity berbasis digital. Salah satunya adalah solusi fleetmanagement menggunakan produk TelkomselFleetSight yang merupakan bagian dari layanan solusi berbasis Internet ofThings (IoT) dari Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

TelkomselFleetSight merupakan solusi untuk mengendalikan kendaraan operasional dengan menyambungkan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada kendaraan.

Selain itu, Telkomsel juga berkolaborasi dengan mitra Pemda Provinsi Gorontalo dalam menghadirkan solusi smarttax serta platform pelaporan masyarakat. Melalui solusi-solusi tersebut, nantinya para Pemda di Provinsi Gorontalo yang bertugas dapat lebih efisien dan transparan dalam menjalankan operasional pemerintahan sehingga meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Sebelumnya, sejumlah solusi serupa dari Telkomsel juga telah diimplementasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui pilot project dalam pengembangan smartcity sejak 2018.

Diharapkan, melalui partisipasi aktif dari sejumlah Pemda ini, implementasi solusi smartcity di Provinsi Gorontalo akan semakin merata dan berkelanjutan sehingga percepatan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas.

“Menghadirkan solusi smartcity yang komprehensif dan memiliki dampak berkelanjutan merupakan harapan Telkomsel dengan didasarkan pada komitmen untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui perluasan implementasi teknologi digital di berbagai lini pemerintahan. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan sejumlah Pemda di Provinsi Gorontalo ini dapat menginspirasi daerah lainnya untuk dapat menerapkan teknologi digital untuk mewujudkan visi Digital Nation yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” tutup Nicholas.

DR ( TM )