oleh

Gerakan Menuju Smart City Masuk Tahap II,Quick Wins Inovasi Layanan Publik Dapat Apresiasi

-Manado-191 views

TopManado.com, Manado – Pengembangan berbagai sarana Pemerintah Kota Manado dalam mewujutkan Manado Cerdas ini, memang mebutuhkan bermacam inovasi. Teknolagi digital telah dikembangkan Pemerintah Kota mnanado. Dalam upayanya, telah membuat plan dengan beberapa konsep dengan pengadaan sarana tunjang kemajuan Kota.
“Untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kota Manado membangun dan mengembangkan smart city dalam usaha mewujudkan visi Manado Kota Cerdas 2021,” demikian disampaikan Erwin Kontu Kepala Dinas Kominfo Kota Manado saat memaparkan progress Implementasi Masterplan Manado Smart City di hadapan lima orang tim Assesor Evaluasi Tahap II Gerakan Menuju 100 Smart City di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (5/11/2019).


Seperti diketahui Kota Manado adalah salah satu Kota/Kabupaten di Indonesia yang masuk Gerakan Menuju 100 Smart City. Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Dihadapan Tim Assesor Kepala Dinas Kominfo Kota Manado memberikan penjelasan usaha-usaha yang sudah dan telah dilakukan Pemerintah Kota Manado dalam mengimplementasi smart city di Kota Manado baik pembangunan infrastruktur, pengembangan aplikasi layanan public dan aplikasi pemerintahan maupun Literasi kepada masyarakat. Berdasarkan visi Manado Smart City “Manado Kota Cerdas Yang Kreatif, Inovatif, Berdaya Saing dan Toleran”, dimana konsep pengembangan Masterplan Manado Smart City didasarkan pada 6 (enam) dimensi yakni Smart Governance, Smart Baranding, Smart Economy, Smart Society, Smart Living dan Smart Environment. Dari 6 Dimensi ini Pemerintah Kota Manado tahun 2019 telah merealisasi 55 program/kegiatan sesuai program masterplan smart city. Hal ini menunjukan pengembangan smart city di kota manado telah sesuai malahan melebihi dari target yang sudah ditentukan Kementerian Kominfo.

Saat mempresentasi tersebut Kepala Dinas Kominfo juga menyampaikan 4 (empat) program quick wins inovasi pelayanan public yang menjadi andalan pemerintah kota manado yaitu Cerdas Command Center (C3), Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA), Pajak Online Terpadu (PONTER) dan Manado Siaga 112 (MS112). “program quick wins kota manado saat ini menjadi barometer bagi kota/kabupaten lain di Indonesia karena hampir setiap hari ada kab/kota maupun instansi lain melakukan studi banding ke kota Manado untuk bertanya dan belajar penerapan smart city terutama program quick wins karena banyak pencapaian yang telah diraih oleh kota manado”, kata kadis Kominfo.

Program quick wins inovasi pelayan public kota manado menjadi hal yang menarik dan tertarik dari tim assessor, Pemerintah Kota Manado menurut tim assessor benar-benar telah memberikan pelayanan public yang baik sesuai dengan maksud smart city tersebut yaitu meningkatkan pelayanan public kepada masyarakat. “kami turut mengapresiasi dengan apa yang sudah dilakukan kota manado”, ujar salah satu tim assessor.

Turut mendampingi Kadis Kominfo saat mempresentasi Kabid Aplikasi Informatika Heintje Lombone dan Staf Teknis Stevan Seroy.

DR ( TM )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed