oleh

Gempa Bumi Megnitudo 7,4, Walikota Manado Himbau Masyarakat Tetap Tenang

TopManado.com, Manado – Gempa bumi magnitudo 7,4 dilaporkan terjadi di perairan dekat Jailolo, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara pada pukul 23.17. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa itu berpotensi tsunami.

Dilansir dari akun Twitter BMKG, Kamis (14/11), mereka menyatakan pusat gempa berada di koordinat 1,63 derajat Lintang Utara dan 126,49 derajat Bujur Timur. Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky lumentut, SH, M.Si, DEA, menghimbau warga Kota Manado agar tetap tenang, sambil tetap siaga pasca Gempa yang terjadi beruntun mulai tadi malam hingga pagi tadi. Dimana pusat Gempa dilaporkan terjadi diperairan dekat Jailolo, Maluku Utara dan Sulawesi Utara pada Pukul 23 : 17 WIB. Oleh BMKG menyatakan gempa tersebut berpotensi tsunami, hingga di ikuti gempa susulan beberapa kali sampai pagi tadi.

Walikota, Jumat (15/11), menegaskan gempa yang terasa hingga Kota Manado, agar masyarakat tetap tenang namun waspada jangan panik. “Tetap tenang dan tidak terpancing dengan berbagai isu-isu yang disampaikan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab,” ujar Walikota.

Dan mengintruksikan kepada para Camat serta Perangkat Daerah terkait untuk turun lapangan dan melakukan pemantauan serta pengecekan wilayah dan dapat dilaporkan perkembangan pasca gempa, serta menyarankan agar masyarakat tetap memantau informasi resmi dari BMKG atau Pemerintah Kota Manado terkait dengan informasi gempa.

DR ( TM )