oleh

KPU Sulut Gelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur

TOPMANADO.COM- KPU Provinsi Sulawesi Utara menggelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Rabu (04/12) siang bertempat di Hotel Aston Manado.

Kepada awak media, Ketua KPU Sulut Ardilles Mewoh mengatakan bahwa kita prinsipnya ingin semua terkait dengan tahapan pilkada di ketahui oleh publik secara luas. Terutama tentu terkait tahapan yang paling kruisial dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan itu untuk pencalonannya.

“Pencalonan kan tadi sudah dijelaskan ada jalur partai politik, ada jalur perseorangan. Perseorangan ini terbuka luas kesempatan kepada seluruh masyarakat yang menenuhi persyaratan,” ujar Mewoh.

Mewoh juga menjelaskan bahwa kita perlu sosialisasi secara menyeluruh, kalau partai politik terbatas kepada parpol, tapi kalau calon perseorangan semua pihak harus kita sampaikan supaya tidak ada hambatan informasi kepada semua pihak untuk mengetahui regulasi, ketentuan-ketentuan teknis, skema waktu tahapan itu bgmna.

“Itu kan penting untuk kita sosialisasi. Jadi, semua pihak kita undang untuk kita sosialisasikan terkait pencalonan lewat jalur persorangan,” jelasnya

Lebih lanjut dikatakannya, kalau untuk calon perseorangan ini kita sudah mulai umumkan sejak kemarin tanggal 3, kita umumkan lewat media cetak dan elektronik terkait dengan jadwal penyerahan, tempat penyerahan. Untuk jadwal penyerahan sendiri itu nanti mulai tanggal 16-20 Februari 2020.

“Ada lima hari waktu kesempatan kepada bakal calon perseorangn untuk menyerahkan dokumen-dokumen di KPU. Tapi sekarang ini sudah bisa bagi siapa saja yang punya keinginan untuk terlebih dahulu melakukan misalnya konsultasi ke KPU akan ada aplikasi untuk memudahakan baik sebagai peserta mapun penyelenggara.” kuncinya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, Staf Ahli Gubernur Bagian Pemerintahan Hukum dan Politik,Ferry Sangian, Forkopimda, Ormas, LSM, Mahasiswa, Insan Pers serta tamu undangan lainnya.

(DL)