oleh

Komisi IV Kunker ke Kementerian Sosial RI, Ini Hasilnya

TOPMANADO.COM- Komisi IV DPRD Sulut melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kementerian Sosial RI guna untuk terus melakukan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah, Kamis (09/01) siang.

Kunjungan kerja ini di pimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu didampingi Wakil Ketua Careig Runtu, Sekretaris Andi Silangen, Anggota Melky Pangemanan, Melisa Gerungan, Richard Sualang, Fanni Legoh dan Yusra Al habsyi. Diterima oleh KaSubDit Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Kementerian Sosial Dra. Dewi Suhartini, Msi.

Adapun 4 program yang dikeluarkan Kemensos untuk masyarakat beserta persyaratannya yakni RTLH ( Rumah Tidak Layak Huni ), KUBE ( Kelompok USaha Bersama ),
SARLING ( Sarana Program Lingkungan ) dan BPNT( Bantuan Pa ga Non Tunai ).

Persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini harus memasukan paroposal. Mekanismenya secara berjenjang dari desa/kelurahan, kecamatan, dinas sosial kabupaten untuk verifikasi, dinas sosial provinsi mengeluarkan rekomendasi untuk di kirim ke pusat.

Dan juga syarat untuk mendapatkan bantuan ini harus ada dalam data penerima bantuan sosial berbasis data terpadu (BDT) yang bersinergi dengan data bantuan lainnya.

Untuk RTLH harus ada surat keterangan kepemilikan tanah dan SARLING berada dilokasi perbaikan rumah sehingga programnya bersinergi untuk menurunkan angka kemiskinan.

Untuk mendukung program KUBE Kementerian akan melakukan perekrutan pendamping. Satu pendamping akan mendampingi 100 kk/kelompok dan dalam 1 kelompok terdiri dari 5 sampai 10 orang. Pendamping mendapat upah 1,5 juta per bulan. Pendamping ini akan dibiayai oleh Kementerian selama 2 tahun dan untuk seterusnya upah pendamping akan di alokasikan honornya oleh dinas sosial.

Dana bantuan KUBE diberikan kepada kelompok melalui rekening kelompok yg di oleh kementerian.

Untuk Sangihe-Talaud sudah 2 tahun berturut-turut mendapatkan bantuan tetapi tidak terpenuhi karena datanya tidak ada.

Harus ada pemutahiran data dalam penerima bantuan karena bersinergi dengan bantuan sosial lainnya yg dalam 1 tahun ada 4 kali pemutahiran data.

Diketahui, tahun 2020 ini ada beberapa kabupaten/kota yang mendapat bantuan yakni Minahasa, Manado, Bitung, Tomohon dan Kotamobagu. Tahun 2020 ini pula HKSN akan dilaksanakan di Sulut dan akan ditampilkan KUBE-KUBE yang berhasil.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu memberikan apresiasi kepada Kemensos RI dimana Sulawesi Utara mendapat perhatian khusus dalam hal bantuan sosial.

“Semoga apa yang menjadi program Kemensos ini dapat direalisasikan khususnya di Sulut. Dan untuk Dinsos Kabupaten/Kota dan Provinsi saya minta bekerja optimal dan terus bersinergi dengan pemerintah pusat agar bantuan-bantuan sosial ini dapat tersalur ke masyarakat dengan baik,” ujar BW kepada awak media

(Desieree)*