oleh

Bawaslu Kabupaten Minahasa Gelar Bimtek, Herwyn Malonda Ingatkan Ini

TOPMANADO.COM- Bawaslu Kabupaten Minahasa menggelar Bimbingan Teknis ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020’ 09-11 Maret 2020 bertempat di Tasik Ria Resort Minahasa.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Herwyn Malonda, SH, MH, MPd menegaskan kualitas pengawas pada tingkat kecamatan merupakan hal yang sangat penting agar proses pengawasan berjalan sesuai dengan tahapan, program dan jadwal pemilihan kepala daerah lebih maksimal dan efektif.

“Kualitas panwaslu kecamatan merupakan hal yang sangat penting agar proses pengawasan pemilihan Gubernur Sulut 2020 lebih maksimal dan efektif,” tandas mantan Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM saat tampil sebagai pemateri pada Bimbingan teknis Peningkatan SDM Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Minahasa.

Lanjut Malonda mengingatkan Panwaslucam juga harus memahami tugas, wewenang, dan kewajiban yang di atur dalam Undang Undang serta memahami dan mempraktekan kode etik dan pedoman prilaku penyelenggara.

Sementara itu, Kordiv SDM -ODI Bawaslu Kabupaten Minahasa Donny Rumagit mengatakan bimbingan teknis yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Minahasa diikuti oleh 125 peserta dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten.

“Harapan kami Bimtek ini dapat membekali 75 anggota panwaslucam plus 25 Kasek dan PUMK di kecamatan dalam melakukan tugas tugas pengawasan dan menghasilkan tim yang solid,” ujarnya.

Turut hadir sebagai pemateri dalam acara Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari 9-11 maret 2020 adalah Kenly Poluan SPd, MSi anggota Bawaslu Propinsi Sulut, Akademisi UNIMA Doktor Johny Taroreh, MSi, Rendy Suawa dan Peter Mawitcere anggota KPU Minahasa, Rendy Umboh ketua Bawaslu Kabupaten Minahasa dan Erwin Sumampow anggota Bawaslu Kabupaten Minahasa.

(D72)*