oleh

Lakukan Rapid Test, Pejabat dan Staf Sekretariat DPRD Sulut Negatif Covid-19

TOPMANADO.COM- Sejumlah pejabat dan staf di Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Utara yang masuk kriteria Kontak Erat Resiko Tinggi Covid-19, Jumat (27/03) melakukan pemeriksaan rapid test.

Kepada awak media, juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel mengatakan, tadi kami sudah melakukan pemeriksaan rapid test kepada kontak erat ke kasus terkonfirmasi positif tamu dari DPRD Sumatera Utara (Sumut).

“Ada 30 yang kami periksa, semuanya menunjukan hasil negatif. Tetapi kemudian sesuai dengan SOP dimana sepuluh hari kemudian mereka harus dilakukan pemeriksaan kembali,” ujarnya saat konfrensi pers

Lanjut dijelaskannya, untuk pemeriksaan rapid test ini kami harus menyiapkan perangkat-perangkat tenaga kesehatan yang qualified untuk melaksanakannya.

“Ketika kami melakukan uji coba tadi, rapid tes ini tidak bisa dilakukan oleh masyarakat awam, karena prosedurnya lebih rumit dari yang kita bayangkan,” jelas dia.

“Darahnya tidak bisa diambil hanya melalui tusuk jari, tapi harus diambil dari pembulu darah dengan jarum suntik. Nanti akan dimasukan ke alatnya baru bisa diketahui hasilnya.” kunci Dandel.

(D72)*