oleh

Survei CSWL Lebih Mendominasi

TopManado.com, Tomohon – Dalam beberapa kajian yang ada, Hasil Survei Indonesian Observer membeberkan kekuatan paslon Caroll-Wenny dari hasil temuannya kepada awak media, Senin (2/11/2020) malam, menempatkan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut (Caroll-Wenny) 65,4 persen, unggul jauh dari kandidat lainnya.

Masing – masing survey dari Paslon Jilly Gabriella Eman – Virgie Baker hanya meraih 22,8 persen dan Robert Pelealu-Fransiskus Soekrini 1,3 persen dengan tingkat swingvoters mencapai 10,6%.

Survei Indonesian Observer yang diteliti Andre Mongdong bertajuk ‘Survei Perilaku Pemilih Dalam Pilkada Kota Tomohon 2020’ menjadi salah satu bukti bahwa warga Kota Tomohon menginginkan perubahan manajemen tata kelola pemerintahan dan pembangunan dengan sejumlah program unggulan memajukan Tomohon di tangan Caroll-Wenny.

“Indonesian Observer melakukan survei dan penelitian selama 4 hari terhitung tanggal 14 s/d 18 Oktober 2020 dengan teknik multi stage random sampling pada masyarakat Kota Tomohon yang tersebar di 44 kelurahan dari 5 kecamatan berjumlah 76.038 (DPT Pemilu 2019), jumlah responden 1.032 orang. Untuk margin error 3,03% pada tingkat kepercayaan 95% dan independen variabel sebanyak 85,” bebernya.

Lanjutnya, metode yang digunakan yaitu wawancara tatap muka dan kuesioner pada responden melalui pertanyaan yang sama. Menariknya, pertanyaan yang sama ‘Jika Pemilihan Walikota dilakukan hari ini, siapa Calon Walikota yang akan lbu/Bapak pilih ? menempatkan Caroll- Wenny pada posisi seperti data diatas (pertanyaan tertutup).
Sedangkan pertanyaan terbuka, Caroll- Wenny meraih 64,7 persen, Jilly Gabriella Eman – Virgie Baker 22,7 persen dan Robert Pelealu-Fransiskus Soekrini 1,2 persen serta tingkat Swingvoters mencapai 11,5 persen.

“Tentunya, Caroll-Wenny tidak takabur dengan hasil survei Indonesian Observer yang menempatkan mereka pada rating tinggi pada Perilaku Pemilih Tomohon,” ungkapnya.

Dikatakannya Mongdong, dari 5 kecamatan yang ada di kota Tomohon, Caroll Wenny mengdominasi di semua kecamatan.

“Paslon CSWL merata mirip dengan baseline kecamatan yang disebar melalui sample di setiap kecamatan. CSWL juga aangat populer sehingga bisa mengdongkrat suara beda dengan kandidat paslon lainnya,” ungkapnya.

Sembari menyebutkan sejak bulan Juli sesuai rilis temuanya bahwa CSWL, diangka posisi 33,4 persen dan untuk posisi bulan oktober naik drastis sekira 65,4 persen.

“Pak CSWL dari angka 65 persen bisa turun diangka 62 persen dengan rentan margin of eror. Dan CSWL bisa naik sekira 68 persen sama juga dengan paslon kandidat lainnya bisa mengalami penurunan dan mengalami  kenaikan secara signifikan,” ujarnya.

Disebutkannya sebanyak 84 persen pemilih di kota Tomohon sudah mantap dengan pilihannya.

“Yang masih berubah kurang lebih 9 persen. Ada sejumlah unsur yang mengalami  perubahan seperti faktor uang, pengaruh lingkungan, visi misi dan lain lain ini semua menjadi gambaran dari pada unsur yang mempengaruhi pilihan. Jadi rata-rata semua kandidat pemilihnya sudah mantap menentukan pilihannya diangka sekira 90-an persen.

Dari kandidat PDI Perjuangan kata dia, mendominasi di semua kategori.

“Kandidat PDI Perjuangan menang di semua kategori, mulai dari kategori laki-laki maupun perempuan itu menang
Mulai dari milenial hingga kolonial dominan pilih kandidat  CSWL,” tandas Andre Mongdong. ( DR )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed