oleh

Rapat Bersama Forkompimda Walikota Manado Vicky Lumentut ” Tindak Lanjuti Arahan Presiden “

TopManado.com, Manado – Dalam rangka menindak-lanjuti arahan Presiden Joko Widodo saat pembukaan Munas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pekan lalu, Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut mengelar rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkompimda) Kota Manado Pada Rabu (17/02/2021) siang.


Presiden Jokowi menegaskan, ada empat langkah Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menangani pandemi dan dampak Covid-19 yang masih melanda dunia, termasuk Indonesia saat ini. Butuh gerak dan langkah luar biasa dari seluruh pihak.Menurutnya, terdapat empat langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah, termasuk pemerintah kota, bersama-sama dengan pemerintah pusat untuk dapat mengatasi situasi pandemi saat ini ” Dilansir dari laman presidenri.go.id “.


Langkah pertama ialah dengan memprioritaskan pengendalian laju penyebaran virus. Disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjahi kerumuman. Pak Presiden mengajak TNI dan Polri agar membantu Pemda.Langkah kedua, pesan Presiden Jokowi, ialah dengan mempersiapkan manajemen untuk percepatan vaksinasi di daerah. Kebijakan vaksinasi massal secara gratis bagi masyarakat telah dimulai pada 13 Januari 2021 lalu.


Vaksinasi massal tersebut untuk tahap pertama diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan. Namun, beberapa waktu mendatang, vaksinasi massal akan mulai diperuntukkan bagi masyarakat di sektor lainnya.Kelompok masyarakat di sektor-sektor padat interaksi seperti para pedagang pasar atau jasa krusial lainnya yang dalam kesehariannya berhubungan dengan masyarakat banyak juga dapat dilakukan vaksinasi secara massal atau berkelompok.


Dalam hal ini, pemerintah daerah berkewajiban untuk dapat melakukan perencanaan dan pemetaan secara matang mengenai pihak-pihak yang dapat diprioritaskan untuk memperoleh suntikan dosis vaksin Covid-19. Pemerintah daerah juga harus mempersiapkan betul vaksinator. Berapa jumlah vaksinator di kota kita. Juga manajemen vaksinasinya di lapangan.

Langkah ketiga, pemerintah daerah juga harus memperbanyak program padat karya di wilayah mereka masing-masing. Program-program padat karya dimaksudkan untuk menyediakan lapangan kerja, utamanya bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaannya di tengah pandemi sehingga mampu memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat. Banyak yang bisa dilakukan oleh pemerintah. Perbaikan jalan kampung, perbaikan saluran air di kota, perbaikan puskesmas dan posyandu, dan perbaikan sekolah lakukan semuanya dengan padat karya.

Langkah keempat, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat lapisan bawah dan yang terdampak pandemi Covid-19 harus tetap dilakukan. Dalam rapat tersebut, selain membahas Covid-19, Forkompimda Manado juga melakukan evaluasi kegiatan pasca bencana alam banjir dan longsor yang terjadi beberapa hari lalu, serta kesiapan menghadapi cuaca yang masih ada kemungkinan hujan dalam beberapa hari kedepan.

“Terima kasih usul dan saran serta tindak-lanjutnya dari rekan-rekan Forkompimda Mandao. Ayo, mari kawan-kawan semua tetap semangat kerja untuk rakyat,” ujar Walikota GSVL.

( D R )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed