oleh

6 Tahun ODSK Pimpin Sulut, Ini Kata Rocky Wowor

TM- Sulut- Tak di ragukan lagi, semenjak Sulut dipimpin Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw bumi nyiur melambai berkembang sangat pesat bahkan diakui di taraf nasional.

Prestasi yang di capai mendapat pujian muncul dari berbagai element contohnya datang dari Ketua Fraksi PDI P Sulut  Rocky Wowor.

Kepada sejumlah wartawan Wowor mengatakan di tangan ODSK  Sulut berkebang pesat baik bidang infrastruktur, pertanian, ekonomi meski di masa sulit Pandemi Covid-19.

Ini tak lepas dari tangan dingin kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey (OD)-Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK) membuat lompatan pembangunan yang hebat. Berbagai penghargaan membuktikan kepemimpinan Olly-Steven berhasil. Mulai dari apresiasi pemerintah pusat hingga lembaga seperti KPK,”ungkap Wowor.

Berbagai sektor terus bergerak maju dan keberhasilan ODSK membawa Sulut menjadi perhatian bagi Nasional. ODSK berhasil membuat pertumbuhan ekonomi Sulut melejit di saat pandemi. Berbagai terobosan dimasa pandemi luar biasa mengingat daerah lain terpuruk akibat wabah corona.

“Ditandai dengan berbagai perhargaan yang diterima Sulut. Mulai dari sektor pertanian, di mana Pak Olly dan Pak Steven diganjar penghargaan Abdi Bakti Tani tahun 2021 untuk ekspor pertanian tertinggi. Ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat. Sektor pertanian kini menjadi unggulan,”katanya.

Selain itu, kata Wowor, Olly-Steven juga mendapat penghargaan di bidang tenaga kerja dari pemerintah pusat.

“Artinya, pemerintah provinsi mulai mendapat formulasi tepat dalam menangani dampak Covid-19,” tambahnya.

Kemudian penghargaan dari KPK peringkat pertama Korsupgah (Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Korupsi) MCP KPK (Monitoring Center Prevention Komisi Pemberantasan Korupsi) serta pertumbuhan ekonomi Sulut pada kuartal II-2021 berada di atas angka nasional, dikatakan Wowor, bukti keseriusan pemerintah mengutamakan masyarakat dalam semua kebijakan.

“Angka kemiskinan yang terus turun ikut memberi bukti Sulut kian maju di tangan OD-SK. Dirgahayu Sulawesi Utara,”tandas personel Komisi II ini.

Memasuki awal tahun 2022 ini, kata Rocky langkah tegas telah dilakukan oleh pemerintahan ODSK.

Pemerintah Provinsi Pemprov Sulut melakukan skenario tepat untuk menekan laju penularan Covid-19.

“Pemprov Sulut telah mengeluarkan surat edaran penegakan protokol kesehatan yang ditujukan kepada Forkopimda, bupati/wali kota se-Sulut, serta stakeholder terkait,”tutur Wowor.

Kata Wowor, Langkah strategis ODSK dengan menyiagakan dari level Rumah Sakit sampai pada Puskesmas.

“Puskesmas dan tim tracing di masing-masing wilayah kerja untuk pemantauan isolasi mandiri di rumah, desa atau kelurahan dengan pembiayaan bersumber dari anggaran kabupaten/kota. Rumah sakit pelaksanaan pelayanan pasien covid untuk segera meningkatkan jumlah tempat tidur isolasi Covid-19 sebanyak 20 persen dari jumlah tempat tidur rumah sakit,”ulas Wowor.

Bahkan kata Wowor dengan pengetatan pelaku perjalanan baik darat,udara dan laut dipintu masuk Sulut sangatlah tepat.

“Setiap pelaku perjalanan wajib tes rapid antigen di pintu masuk kedatangan di Sulut, baik di bandara, pelabuhan laut dan lintas batas darat,”ujarnya.

Kehadiran OD-SK adalah suatu kebanggaan bagi warga Sulut.”Warga patut bersyukur dengan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw,”tandasnya.

Dvd (*##)